Acapella

Acapella adalah musik yang dinyanyikan secara solo atau grup hanya dengan menggunakan vokal atau tanpa menggunakan instrumen musik pada umumnya. Pada acapella umumnya ditemui harmonisasi vokal dan beatbox. Defenisi Harmonisasi atau harmonization di wikipedia saya cuplik secara general sebagai berikut :

In music, harmonization is the chordal accompaniment to a line or melody: “Using chords and melodies together, making harmony by stacking scale tones as triads”

.. atau dalam bahasa indonesianya menyusun nada-nada dengan skala untuk membentuk kunci. harmonisasi umumnya terdiri dari 3 suara, makanya klo temen-temen sering denger istilah suara 1, suara 2, dan suara 3 ya itu, untuk membentuk harmonisasi. Nah klo suara tadi nggak masuk dalam skala suara 1, suara 2, dan suara 3 ini, biasaya sering kita simpulkan kalau itu merupakan suara sumbang, atau kadang denger orang ngomong “wah suaranya nggak masuk” – jika suara orangnya ga ada dalam harmonisasi, atau pun tidak sesuai dengan kunci nada yang sedang dimainkan.

Contoh skala harmonisasi adalah sebagai berikut :
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/6/69/Harmonized_scale.mid
atau bisa dilihat diklip despicable me yang judulnya banana di bawah ini.

pada klip tersebut penyanyi paling kiri mengambil “do” dan penyanyi paling kanan mengambil “mi”, hahah, sotoy,

nah begitulah harmonisasi dalam sekilas, nah asiknya acapella adalah klo harmonisasinya bagus. saya sendiri ga bisa nyari nada-nada harmonisasi, cuma bisa nada dasarnya aja, atau melodi dari lagu asli, nah pas temen-temen yang lain masuk harmonisasi, blum, rasanya jadi asyik nyanyinya. we are becoming one. hahah #lebay.

Orang-orang Harmonisasi

moment-moment acapella ini paling sering saya lakukan di kuliah. Di elektro itb, kebetulan ketemu teman-teman yang pas, ada orang-orang yang jago harmonisasi Mike, Azlan, Fuad, dan Leo. Nah klo kita lagi nyanyi nih, terus ada orang ikut-ikut nyanyi, tapi loh kok nadanya beda gitu.. tapi kok enak ya.. berarti orang itu jago harmonisasi.. trust me, ga semua orang bisa nembak harmonisasi dengan pas.. nah ke empat orang ini-nih yang suka nyari2 nada ketika Acape-EL (nama grup acapella anak HME) mengaransemen lagu-lagu yang biasanya kita bawain untuk malam wisuda atau wisnite.

  • Mike orangnya bisa semua alat musik, emang tipe-tipe orang yang bisaan, suaranya alus dan mirip-mirip suara negro gitu, tapi ga cuma suaranya penampakan tubuhnya juga. haha. Mike ini yang biasa ngordinir dan nge-Lead acape EL untuk tiap performance.
  • Azlan merupakan orang yang bernuansa melayu, aktif di unit melayu di ITB, pernah tampil nasyid, dan jago alat musik yang lucu, yang ada bagian tuts kayak piano, ada bagian chords, dan ada bagian yang ditarik-ulur sebagai pengahasil suara melalui rongga udara yang diubah volumenya. Azlan juga jago nembak suara 2.
  • Leo adalah orang yang jagonya nyanyiin nada tinggi pada tiap chord, suara tingginya itu kecil-kecil tinggi gitu, klo orangnya tipe-tipe malu-malu tapi mau, tapi walaupun malu-malu pada dasarnya Leo ini hobi bermusik, selain suka bermusik, Leo juga menjadi merk produk makanan, #kidding, Leo merupakan salah satu aktifis HME yang vital.
  • Fuad ini klo dilihat-lihat penampakannya, berasa titisannya Tompi. Sama seperti Leo, fuad jago nyanyi di nada-nada tinggi pada tiap chords, pokoknya klo ada harmonisasi nada tinggi dikasih ke fuad. Fuad jago main piano dan suka mainin chord-chord jazz. Doi emang seneng jazz dan jago nge-jamm, Selain musik Fuad juga aktifis HME dan pengajar yang gaul. Nah demikiannya secuplik cerita mengenai anggota pansus harmonisasi.

Beat Boxer

Selain harmonisasi dalam acapella juga ada yang bertugas untuk memimik alat musik perkusi, istilah untuk jenis musik ini adalah “beat box”. Handal adalah beatboxnya Acape-EL, handal bisa menirukan bunyi drum dan alat perkusi lain, juga alat musik bernada seperti terompet, gitar, dan sebagainya, nah yang paling jagonya lagi adalah si handal bisa menirukan bunyi manusia!!. Hahah, anyway seperti namanya, handal emang jago beatbox dan aransemen lagu, kegiatan aransemen juga dia lakukan di unit ISOnya.

Bass

Nah ada harmonisasi, mimik alat musik, dan terakhir, salah satu bagian penting dari tiap music adalah BAS. ini merupakan suara rendah yang nembak ke note dasar tiap kunci yang ada pada lagu. Bas yang tepat bakal bawa grup ke nada dan ritme yang tepat. Nah pada bagian bas, kita punya anak gendut yang ceria, Andreas Manaor. Suara si Manaor ini juga dipakai oleh paduan suara ITB, dia pernah ke italy bersama paduan suara ITB, membuat kami-kami ini yang merasa berhak secara skill jadi iri, haha.

Example

Bersama Acape EL beberapa lagu pernah kita tampilkan di acara wisudaan HME, dan tak semuanya sukses. Beberapa lagu yang pernah kita aransemen antara lain :

  1. I’m yours by mraz
  2. Terajana
  3. You’ll be in my heart-nya Phil Collins
  4. OST Mojacko
  5.  “Di Coba”
  6. Ost RENT – Season Of Love

Semuanya asik-asik loh, alias nggak fals-fals amat. Ini salah satu contoh yang rada berhasil. Di video acapella kita mengcover lagu You’ll be in my heart-nya phil collins

Suaranya rada pecah, jadi ndengerin pakai headset yang bagus will help a lot :).

Contoh lainnya adalah pas kita persiapan wisnit, kali ini grup acape el ketambahan anggota, yaitu aaron manurung, juniro dari HME. Mirip kayak leo, anaknya malu malu tapi gaol. Aroon ini suaranya empuk kayak krupuk yg kita masukin ke kuah bakso. Haha enggak, suara aron ini empuk, mirip-mirip suara maikel jakson loh.

Lagu yang kita siapkan saat itu adalah soundtrack film Rent, judul lagunya adalah Season Of Love, beginilah hasil latihan kami

Closing

Nah bisa diperhatikan kaan.. pada kedua contoh penampilan diatas, kita nggak pakai alat musik sama sekali, kita hanya memakai vokal saja. Bisa dinikmati? yah.. Beberapa orang menikmati dan beberapa orang tidak :). Di Luar negri.. Acapella sudah banyak di lombakan, salah satu acaranya yang terkenal adalah berjudul “Sing Off” and wow, you wouldn’t believe what they can do with their voices. Di bawah ini salah satu pesertanya 😉

Gilaaaak kaaan. 🙂

Walaupun demikian ternyata acapella perlu juga deng alat musik. Alat musik ini namanya saya lupa, alat ini ditiup, gunanya untuk ngambil nada, supaya bener dan sepakat ketika grup acapella mau nyanyiin lagu. Selain itu ada juga alat yang digunakan untuk dipegang pengatur tempo. Alat ini mengeluarkan bunyi yang mirip metronom, Tuk, tuk, tuk.

Bagi yang tahu nama kedua nama musik tersebut, tersedia hadiah berupa sepasang busa untuk earphone, yang bisa diambil di saya, untuk 2 orang pemenang.

Demikian penjabaran mengenai acapella, semoga bisa menambah wawasan teman-teman. Pada post berikutnya saya akan menceritakan sedikit mengenai Nasyeed 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Acapella

  1. Hallo kak! Aq mw nanya soal acapella ini… Kalau aku bru bentuk grup tpi masih pada anak baru. Trus mereka Ǧ>:/ª˚K̶̲̥̅̊ tw suara 1 itu gmna, nembak suara 2 itu gmna? Gmna cara ngelatihnya ya? Klu Ǧ>:/ª˚K̶̲̥̅̊ bsa beatbox piye ya kak? Kami semua cewek siiihhhh….

    1. Haloo Keke wahhh seruu dong, haha suara 1 ya yang kayak klo kita nyanyiin lagu biasa kee, sesuai nada aslinya., suara 2 dan 3 itu nada komplemennya kee, kayak kunci gitar kee, ada do, mi, sol. untuk mainin C. kadang ada yang feeling aja kee, yang penting ga fals, tapi klo pengen tau teknisnya paling enak ada yg ngajarin sih, klo baca-baca ada nih sumber http://www.musisi.com/forum/archive/index.php/t-12457.html coba deh baca ama ini http://ryezchafaithful2010.wordpress.com/2010/10/03/literatur-teknik-vokal-lengkap/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s