Kadaluarsa

Sore ini saat tengah membiasakan diri dengan pilek yang menyerang saya meminta teman teh untuk bikin teh anget, menurut pengalaman saya sesuatu yang anget-anget bisa menyembuhkan :).

Saya : “Bram ada teh ngga, buat bikin teh anget”
Brams : “Wah abis pit, aku adanya kopi sachet nih”
Saya : “Loh itu kan kopi sachet yang di kasih wisnu.. perasaan udah kadaluarsa deh, aku juga dikasih waktu itu, tapi tak minum sebelum kadaluarsa”
Brams : “Ah mosok, ngga mungkin ah, bentar dicek dulu”
Saya : “Nohkan, expired datenya Juni 2012″
Brams : ” What the.., baru kemarin aku bikin 1″

Lalu percakapanpun berjalan ke hal-hal yang lain, tapi berkaitan dengan kadaluarsa. Ada tentang mi instan yang rasanya aneh..  atau ngga mirip sama biasanya, yang ternyata setelah dicek, emang tanggalnya menunjukkan udah kadaluarsa.. ada juga produk kulit yang saya kira awet, ternyata pas dicek udah kadaluarsa.. ternyata kadaluarsa-kadaluarsa itu ada di sekitar kitaa. Jadi apa sebenarnya kadaluarsa?, menurut beberapa situs term kadaluarsa ini berbeda-beda tergantung penulisannya.. ada yang best before, ada yang use by, ada yang expired (exp)..

http://en.wikipedia.org/wiki/Shelf_life
http://resepmasakanindonesia.info/tips-mengenali-makanan-kadaluwarsa/
http://www.realsimple.com/beauty-fashion/makeovers-tips/expiration-dates-beauty-products-10000001573139/index.html

Silakan dibaca ya.

secara singkat, kadaluarsa adalah keadaan dimana kualitas barang sudah tidak dapat dipastikan lagi, dari segi lezat atau tidaknya, dan dari segi sehat atau tidaknya. Walaupun mungkin ngga bakal mengakibatkan sesuatu yang luar biasa klo makan makanan kadaluarsa, tapi lebih baik menghindarinya, kecuali kalau udah kadung laper banget kali ya.

Mungkin pelajaran yang bisa diambil adalah untuk lebih memperhatikan barang-barang disekitar kita, karena semuanya bisa kadaluarsa seiring berjalannya waktu. Akan lebih baik bila kita bisa menggunakan barang-barang tersebut pada masa dimana kualitasnya optimal, karena pada masa itulah barang tersebut akan terasa kebaikannya. Hmm, mungkin bukan cuma barang, klo memandang ke diri kita sendiri, ya satu yang keren adalah jangan membiarkan diri kita kadaluarsa, “live to the fullest” klo kata orang mah. Apa yang kita punya sekarang, maksimalkan semua, pelihara dengan baik, kembangkan dengan tekun, supaya awet dan dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh kita sendiri, maupun orang lain.

Di sini ada video yang bagus tentang live to the fullest 🙂

mikir-mikir tentang kadaluarsa saya jadi kepikiran bahwa ada hal-hal yang berlaku sebaliknya, yaitu, semakin lama barang tersebut justru semakin bagus, bisa di pakai dan terus ada di setiap bagian masa depan. Hal tersebut adalah ilmu, hal tersebut adalah penemuan-penemuan fundamental, hal tersebut ada kreasi pikiran. Kapan ya saya bisa bikin suatu yang anti kadaluarsa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s