e-KTP

Bulan lalu saya mendaftar untuk pembuatan e-ktp. Dari pendaftaran tersebut kemudian dilakukan beberapa pendataan untuk pembuatan e-ktp yang di tempat saya akan direlease tahun 2013. pendataan dilakukan terhadap perubahan data yang mungkin terjadi,  umumnya perubahan tempat tinggal, selain itu dilakukan pula pengambilan data baru, yaitu rekam sidik jari digital (untuk semua jari), tanda tangal digital, dan rekam image retina, lalu pada akhir dilakukan pengambilan foto terbaru. Pada saat pengambilan data-data untuk ktp tersebut saya jadi ingat film dark night rises yang lagi marak akhir-akhir. Di tengah episode dikisahkan bangkrutnya Bruce Wayne, setelah uangnya disalahgunakan oleh orang lain, dan untuk melengkapi transaksi tersebut digunakan sidik jari lengkap Bruce Wayne yang telah dicuri.

Dengan pembuatan e-ktp tersebut berarti pemerintah telah memiliki data-data paling pribadi yang dimiliki tiap penduduk. Penggunaan  yang tepat dari pendataan ini adalah institusi pemerintah dapat memverifikasi kebenaran data diri seseorang, selengkap-lengkapnya, pendataan ini juga diharap mampu mencegah dan menghapus adanya KTP-KTP double/lebih yang dimiliki oleh orang yang sama. Data-data pribadi dan data biometrik (sidik jari jempol & telunjuk kanan, retina) ini nantinya akan disimpan dalam sebuah chip elektronik. pada proses ke depan chip elektronik ini diharapkan dapan menjadi bukti autentikasi (sidik jari) yang valid untuk berbagai macam operasi yang dibutuhkan, seperti pada transaksi finansial, maupun pembuatan dokumen-dokumen yang terkait dengan data kependudukan seseorang.

Keren memang tapi di satu sisi ngeri juga sih, di dunia digital seperti ini dan kemajuan teknologi sepertinya semua jadi mungkin. Sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan..

1. Mungkin ga ya databasenya diakses orang/dicuri?

2. Rewrite data ke chip?

3. Penyalahgunaan pada tingkat pengambilan data?

4. Ada ngga metode verifikasi cadangan jika chip rusak?

Pertanyaan di atas sekedar pertanyaan-pertanyaan yang bersliweran saja di kepala mengenai e-KTP. yap seperti biasa, setiap teknologi yang keren pasti mempunyai dampak positip dan negatipnya, semoga saja eKTP bisa diimplementasikan dengan aman dan nyaman sesuai harapan pemerintah :).

Klo pengin ngerti lebih banyak kenapa eKTP itu keren bisa di baca di sini

http://www.e-ktp.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s