eGold

Ada sebuah kisah menarik yang saya dapatkan pada saat penutupan Pameran Eletrical Engineering Day kemaren. Sebuah pidato singkat disampaikan oleh salah satu dosen elektro, Pak Armein.

eGold

Beliau memulai dengan cerita kenapa kimia dapat berkembang seperti sekarang, kata beliau perkembangan ilmu kimia salah satunya dilatarbelakangi oleh keinginan para penambang emas pada jaman dahulu untuk dapat menghasilkan emas mereka sendiri, dengan melakukan pencampuran berbagai macam bahan ataupun melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan emas. Orang-orang tersebut menggunakan daya upayanya agar mereka bisa mendapatkan emas tanpa perlu pergi ke tempat penambangan ataupun mencari-cari tempat penambangan emas tiap kali mereka memerlukannya. Usaha ini terus berlanjut hingga pada suatu saat ekstraksi emas dari logam dapat dilakukan dan ilmu kimia untuk membuat emas dari unsur lain bisa ditemukan. Namun, mereka tidak berhenti sampai disitu, ketika satu metode ditemukan, akan ada tujuan yang lebih lagi, misalnya tujuan untuk menemukan metode yang dapat digunakan untuk menghasilkan emas dengan biaya yang paling kecil atau metode untuk menghasilkan emas dengan nilai karat yang lebih tinggi ataupun metode untuk menjawab pertanyaan seperti “kalaupun sudah bisa menghasilkan emas, seberapa besar nilai emas tersebut?”. Selalu ada pencapaian-pencapaian baru, selalu ada tujuan-tujuan yang lebih tinggi pada perkembangan tersebut.

Setelah itu beliau menyampaikan kaitan sejarah emas tersebut dengan Tugas Akhir yang kami kerjakan. Menurut beliau pengerjaan Tugas Akhir yang kami lakukan dapat dianalogikan dengan sejarah tersebut. Analogi tersebut menghasilkan beberapa poin yang diinginkan untuk ada pada pengerjaan Tugas Akhir kami. Poin-poin tersebut antara lain :

1. Purpose. Apa yang kami lakukan hendaknya kami pahami dengan benar-benar apa tujuannya. Kami harus benar-benar memahami masalah atau temuan apa yang bisa kami selesaikan dengan pengerjaan tugas akhir kami dan how matter it is untuk kami atau orang2 sekitar.

2. Spirit. Usaha yang tidak berhenti untuk menemukan jawaban dan cara menjawab masalah yang ingin kami selesaikan pada pengerjaan tugas akhir ini.

3. Value. Apa yang kami kerjakan hendaknya memiliki nilai yang lebih, memiliki value yang berbeda maupun memiliki nilai tambah dari apa yang sudah ada. Beliau menganalogikan nilai ini dengan pertanyaan “Misalnya kita adalah penghasil emas maka berapa karat yang emas yang bisa kita hasilkan?”.

Pada akhir cerita beliau menggunakan istilah e-Gold untuk apa yang seharusnya kami hasilkan. Yaitu hasil-hasil tugas akhir Elektroteknik yang bernilai emas :).

Sebuah pidato “versi 10 menit” yang mengingatkan kembali tujuan kami mengerjakan tugas akhir kami. Hasil dari tugas akhir-tugas akhir tersebut kemudian dibuat dalam versi pameran tanggal 11 sd 13 juni kemarin. Pameran yang bahkan membuat masing-masing dari kami kagum dengan pekerjaan yang teman-teman / kelompok lain lakukan. Mereka keren-keren sekali, haha jadi malu dan iri pada saat bersamaan. Namun demikian, masing-masing dari kami telah berusaha memberikan yang terbaik yang kami bisa sesuai dengan pembagian peran kami dalam kelompok, penjadwalan tugas, dan metode-metode pengerjaan tugas baru yang harus kami jalani. overall, ini merupakan proses yang seru, menegangkan, dan menyenangkan. We’re very proud to be part of it :D.

nb: Ini merupakan beberapa poin yg berhasil saya tangkap berdasarkan usaha penangkapan yang saya lakukan. Aslinya banyak sekali pesan yang dapat diambil dari kisah/pidato Pak Armein, maupun pelaksanaan EE day secara keseluruhan, namun tidak ada dalam tulisan ini. Untuk mendapatkan kumpulan pesan2 tersebut silahkan tanyakan pada teman-teman elektro yang lain ataupun bapak-bapak dosen yang menyelenggarakan acara ini ^^

 

2008’s Electrical Engineering Day
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s