Menurut Saya

Mengenai artikel yahoo tentang wacana penyatuan zona waktu indonesia, kata artikel yang saya baca tersebut bakal menjadi hal yang menguntungkan terutama dalam hal transaksi ekonomi, serta efisiensi kinerja birokrasi.

pada artikel tersebut disebutkan salah satu contoh tidak efisiennya pembagian zona waktu terhadap kegiatan ekonomi.

permisalan ini digambarkan sebagai berikut,
apabila daerah WIB mulai berkegiatan pukul 9.00 dan berakhir pada jam 17.00.
maka pada WIT kegiatan ekonomi daerah WIB terlihat dimulai pada jam 11.00 WIT (jam 9.00 WIB = jam 11.00 WIT) dan berakhir pada pukul 19.00 WIT (jam 17.00 WIB = jam 19.00 WIT).

apabila pada WITpun menerapkan jam yang sama yaitu jam 9.00 WIT untuk memulai kegiatan dan berakhir pada jam 17.00 WIT,

artinya waktu dimana kedua wilayah melaksanakan kegiatan bersamaan adalah jam 11.00 s.d jam 17.00 di WIT, atau jam 9.00 s.d jam 15.00 di WIB. jumlah waktunya adalah 6 jam. dikurangi dengan waktu ibadah dan istirahat siang, apabila dimisalkan waktu tersebut 1 jam pada masing2 wilayah, maka waktu efektif bersama menjadi hanya 4 jam.

penyatuan zona waktu ini dari segi ekonomi akan menguntungkan dengan menjadikan waktu efektif kerja menjadi 8 jam atau setidaknya 6 jam apabila jadwal ibadah siang tetap dilaksanakan seperti sedia kala.

namun di beberapa artikel lain juga disebutkan bahwa selain di sisi ekonomi perlu diperhatikan juga masalah perbedaan waktu yang mungkin sangat berbeda antara wib dan wit. perbedaan waktu yang memang ada sebagai akibat dari keadaan geografis ini, memberikan beberapa pengaruh antara lain terhadap pelaksanaan waktu ibadah dan tentu saja perubahan pola hidup bagi wilayah yang time zonenya diganti.

selain itu diperlukan effort yang matang untuk melakukan perubahan untuk nasional ini, misal penjadwalan waktu masuk kantor pada semua instansi akan diubah, demikian pula pada semua jam kegiatan yang sudah ditetapkan atau diset sebelumnya, perlu mengalami penjadwalan ulang. kegiatan tetap yang memiliki penjadwalan berdasarkan waktu pun perlu diubah, klo bagi orang-orang yang punya laptop atau komputer paling perlu nyocokin waktu time zone tiap komputernya serta ganti alarm :P. dan oh ya, jadwal kuliah juga bisa berubah, bisa2 abis subuh mesti siap berangkat hehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s