Dua Temanku Menikah Hari Ini

Bandung, Sabtu pagi ini, subuh, terasa begitu dingin. Hujan dari siang kemarin dan malam tadi, jelas memberikan sumbangsihnya. Membuat tanah lebih cepat dingin di sore hari dan panas terlambat menyebar pada pagi harinya. Namun, ternyata ketika mentari mulai muncul, suasana begitu cerah, tak terlihat sedikitpun mendung menggelayut di langit bandung. Udarapun terasa lebih segar pagi hari itu. Alhamdulillah, karena pada pagi hari inilah dua teman saya akan menyelenggarakan akad nikah mereka di dua tempat yang berbeda.

Adalah teman SMA saya Bangkit dan senior saya di elektro, Mas Hasan yang menyelenggarakan akad nikah dan resepsinya hari ini. Pada usia yang relatif muda, 21 dan 22 tahun keduanya menikahi pasangannya masih-masing. Ingin rasanya melihat mereka di hari kebahagiaan mereka. Andai saya di undang, dan keduanya diselenggarakan pada waktu berbeda, pasti saya akan datang, mengucapkan salam selamat kepada mereka dan doa.

Sayapun menghadiri resepsi pernikahan Mas Hasan yang kebetulan terletak sangat dekat dengan kosan. Selain datang sebagai teman, saya bersama teman-teman, kang Pai, mas rian, kang iqbal, serta mas a’raf datang memberikan hiburan bagi kedua mempelai dan tamu. Pada resepsi pernikahan sebelumnya yang saya hadiri, Mas Hasan bergabung bersama kami, juga memberikan hiburan yang sama pada mempelai yang saat itu menikah, dan kini kami yang menghiburnya.

Siang tadipun tidak terasa teriknya, saat saya datang pukul satu ke masjid tempat resepsi dilangsungkan. Hiasan-hiasan pernikahan, penerima tamu, lengkap dengan buku tamunya, serta sekelompok pemain musik menyambut para tamu. Lagu-lagu yang dimainkan apik, membuat suasana siang itu terasa lebih menyenangkan. Dari pintu, terlihat mempelai sedang bersalaman dengan para tamu undangan, sang pria tersenyum senang menerima kedatangan dan doa dari tiap tamu yang datang, demikian pula sang istri yang didandani, terlihat begitu cantik dan bahagia. Melihat kedua pasangan tersebut mungkin orang juga akan ikut tersenyum, merasakan kebahagiaan pada hari itu, seperti yang saya rasakan.

Dan akhirnya saya berada di sana sampai acara selesai, sedikit merasa lelah, makanan sore itu terasa cukup lezat dan mengenyenyangkan. Kamipun yang tadi berkumpul akhirnya kembali ke tempat kami masing-masing selepas acara selesai. ada yang ke Jogja, ke Jakarta, dan saya yang masih kuliah dan KP kembali ke tempat Kosan saya di jalan pelesiran.

Perasaan senang masih terasa saat pulang. Melihat pernikahan yang indah dan bersilaturahmi saat bertemu dengan teman-teman di acara tersebut rasanya menyenangkan. Pertanyaan standarpun muncul dan saling dilemparkan antar teman.

Kedua teman saya tersebut adalah contoh dan teladan. Apa yang mereka sudah lakukan di usia yang masih muda tentu telah banyak, sehingga merekapun menjadi wajib dan akhirnya menjalankan kewajiban mereka untuk menikah. Kedua mempelai pria yang saya tahu adalah high-kualiti jomblo kala itu, bukan pria kesepian yang cari pacar, tapi pemuda yang high-kualiti dan sekarang telah menjadi high-kualiti husband, high-kualiti bapak sebentar lagi. Resepsi mereka, bagi sebagian teman seusia seakan menjadi ajakan untuk melakukan hal serupa. Apa yang mereka lakukan menghadirkan sebuah kalimat pernyataan di kalbu masing-masing teman ketika pulang. Pertanyaan yang jawabannya sebaiknya mulai dipikir dari sekarang, termasuk bagi saya di usia saya yang ke 22 sebentar lagi.

Dua temanku menikah hari ini dan hari ini menjadi hari yang cerah dan menyenangkan.

Barakallah teman-temanku, Semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah.

Advertisements

5 thoughts on “Dua Temanku Menikah Hari Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s