Satorare / Transparent

Satorare adalah sebuah drama jepang (JDorama) mengenai seorang satorare. Satorare (dalam translasi bahasa inggrisnya adalah transparent), pada film ini didefinisikan sebagai seorang yang memiliki pikiran yang dapat didengarkan orang lain pada radius tertentu. Satorare ditemukan satu dari sepuluh juta orang, yang merupakan jenius dengan IQ diatas 200. Satorare merupakan harta yang berharga bagi negara yang memilikinya karena jenius ini biasanya menjadi pioner dalam riset dan penemuan karena skillnya yang uotstanding. Karena sangat berharga maka negara membangun sebuah lembaga perlindungan satorare yang bertugas untuk menjaga kehidupan satorare-satorare ini.

transparent
satorare

Film ini menceritakan potongan kehidupan dari satorare bernama Satomi yang berprofesi sebagai dokter. Selama ini lembaga perlindungan satorare telah memberikan penjelasan mengenai Satorare kepada masyarakat. Penjelasan ini juga disertai dengan hukum untuk menjaga satorare, supaya tidak menyadari kemampuan yang dia miliki. Pada kasus yang terjadi, Satorare yang menyadari siapa dirinya akhirnya bunuh diri karena tidak bisa menerima kenyataan bahwa pikirannya dapat didengar orang lain.

Satomi sedari kecil hidup bersama ibunya dan didampingi dengan agen dari lembaga perlindungan satorare. Cita-citanya sebagai dokter dijalani di sebuah rumah sakit, namun dia tidak diberikan kesempatan untuk menjadi dokter yang sebenarnya, yaitu untuk menghadapi pasien dan melakukan operasi. hal ini dikarenakan pikirannya yang bisa didengar oleh pasien dapat menimbulkan kekacauan dan bertentangan dengan etika dokter untuk menjaga rahasia pasiean. Dokter secara yang hanya memberitahukan apa yang dibutuhkan dan dikeluhkan pasien, tidak lebih dan tidak kurang. Dokter juga menjaga rahasia pasien rapat-rapat. Ketika seorang satorare menjadi dokter maka spekulasi dan dugaan, juga fakta yang ada pada pikirannya dapat didengar pasien. dugaan yang salah dapat didengar pasien dan memberi resiko pada mereka, demikian juga fakta mengenai diagnosis untuk pasien, tentu saja, dokter tidak bisa begitu saja (secara sembarangan) menyampaikan hal ini, kepada pasien. Disamping itu adanya dokter Satorare sudah pasti tidak dapat menjamin kerahasiaan pasien, karena pasien sendiri dan orang lain akan dengan mudah mendengar pikirannya.

Cerita dimulai dengan kemunculan dokter Noriko, sebagai staff baru pada rumah sakit tempat Satomi bekerja. Dokter Noriko yang baru saja masuk harus menjaga sikapnya terhadap Satomi, sebuah hal yang sangat aneh baginya. Yaitu berpura-pura tidak mendengar pikiran Satomi. hal ini juga yang dilakukan oleh semua orang yang ada di rumah sakit. Kejadian-kejadian konyolpun muncul akibat pikiran-pikiran Satomi yang bisa didengar orang, misalnya ketika ia melihat orang dan berkomentar mengenai mukanya yang bulat, orang yang di depannya harus berpura-pura untuk tidak mendengar pikiran tersebut dan tidak bereaksi atau marah. hal yang tidak mudah pastinya. Dokter Noriko juga mengalami hal ini berkali-kali, semua pikiran yang konyol dari Satomi mengenai dirinya dapat didengarkan oleh dirinya dan orang lain. Ceritapun bergulir dengan kehidupan sehari-hari seorang Satorare yang diwarnai kisah bahagia dan juga kadang sedih.

Drama ini menyuguhkan film dengan konsep yang menarik, kebanyakan kita berfikir bagaimana kita dapat membaca pikiran orang lain, sedangkan pada drama ini kita ditunjukkan tentang dilema seseorang yang pikirannya bisa didengar oleh semua orang. sedikit banyak hal ini menyakiti bagi dia dan orang lain. dia di jauhi orang lain dan mendapat perlakuan yang sebetulnya sangat berbeda karena pikirannya dapat didengar. dia tidak pernah berhasil pacaran, dia tidak pernah menang main kartu dan selalu dijauhi teman-teman sepermainan waktu dia masih kecil. sedangkan orang-orang di sekitarnya mesti belajar berbohong dan bersabar dari pikiran-pikiran satorare yang kadang sangat mengganggu. di sisi lain pada drama ini juga di tunjukkan bahwa dengan pikiran kita bisa didengar maka orang lain akan mudah memahami cara berpikir kita, dan juga diajarkan mengenai pentingnya kejujuran. Kejujuran Satorare ditimbulkan karena pikirannya yang bisa didengar, tidak ada hal baik / buruk yang bisa disembunyikan. Kejujuran inilah yang walaupun sering menempatkan Satorare pada posisi-posisi yang sangat sulit, namun pada lain kesempatan menyelamatkan dirinya dan beberapa orang.

Pada Film ini Satomi adalah anak baik, sehingga pikiran-pikirannya penuh dengan kejujuran dan kebaikan. Ketika melihat film ini saya jadi membayangkan bagaimana klo pikiran saya bisa di dengar orang.. Padahal isinya kadang merupakan hal yang tidak baik, kadang tidak sesuai apa yang saya katakan dan saya pikirkan, kadang saya berdusta. Bagaimana jika ketidaktahuan saya mengenai apa yang saya pelajari diketahui oleh orang lain?.

Bagi kehidupan sosial, film ini menyadarkan kita mengenai pentingnya kejujuran. selain itu, film ini juga memberikan kita teladan untuk bertoleransi dan berkorban demi kebahagiaan orang lain. Keputusan-keputusan yang menyulitkan kerap diambil oleh Satorare demi kebahagiaan orang lain yang ada di sekitarnya. Film ini juga menampilkan hubungan orangtua dan anak yang luar biasa, mengajarkan untuk selalu menghormati dan menghargai orang tua, sungguh, jasa mereka tidak ternilai.

Sementara semua itu, baik niatan kita dan apa yang kita lakukan sebenarnya selalu diawasi. Ketika kita bicara tentang agama, mungkin kita semua adalah satorare-satorare kecil bagi sang Khalik. yang isi hati dan pikirannya di ketahui. Alangkah baiknya juga kita dapat menjadi seseorang dengan pikiran-pikiran yang baik dan jujur.

Well, last but not least, i recommend u to search and watch this movie series / Jdorama. wish u will get every good message inside this movie too. ^^

nb : thx for sharing this film

Advertisements

3 thoughts on “Satorare / Transparent

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s