Kerja Praktek – Minggu 1 Day 3 – LEN

Kerja Prektek Pada Minggu 1 Day 3 diisi dengan perkenalan dengan software CCS, Code Composer Studio 4. Namanya saja belum pernah saya dengar sebelumnya, intinya software ini adalah software yang akan digunakan untuk melakukan koding DSP dari Texas Instrumen TMS320F28335. DSP ini digunakan sebagai kit untuk melakukan pemrosesan kontrol pada motor induksi. Nah hari awal ini saya jadi merasakan bahwa setiap mata kuliah yang diambil ternyata penting. Mulai dari alstrukdat yang mengancam dan melelahkan, ternyata bukanlah untuk dihindari dan lulus, tapi dikuasai dan lulus. Apalagi mata kuliah core elektro mulai dari RE, PSD, Elka 1. Semuanya. apalagi untuk pekerjaan yang berhubungan dengan control engineer.

Selama tiga hari ini saya ditempatkan dalam ruangan berukuran mungkin 4 x 7 meter, berisikan alat-alat yang cukup familiar untuk dilihat, seperti computer, osiloskop, generator sinyal, kit-kit untuk mengoprek, dan beberapa barang yang belum saya tahu kegunaannya dan manfaatnya, yang sudah usang / jarang di jamah. dalam ruangan tersebut, saya, dan dua teman saya, ilmi dan maful memulai pengalaman kerja praktek kami, ditemani dengan 2 pembimbing yang memang berkantor di ruangan tersebut. 2 hari sebelumnya, kegiatan kami diisi dengan perkenalan dan penjelasan mengenai apa yang akan kita lakukan dan kita pelajari. Saat pertama kali briefing dengan pak husnan, yang akan menempatkan kami pada bidang-bidang yang berbeda. kami ditawari 4 bidang yang mungkin bisa dikerjakan yaitu 1. arm 2. DSPIC. 3. Motor Kontrol. 4. PCB board. kami yang berjumlah 8 anak dari elektro masing-masing memilih sesuai minat dan kemampuannya. Sayapun, yang konon, memilih 2 semester terakhir dengan beberapa mata kuliah kontrol tentu saja hanya melihat 1 opsi yang paling berkaitan dengan mata kuliah yang sebelumnya diambil. Sisken dan MME mengantarkan saya untuk memilih motor kontrol sebagai bidang yang akan saya pelajari selama KP. Anehnya, saya yang ngaku2nya anak kontrol, untuk 2 matakuliah kontrol ini hanya mendapatkan kemurahan Tuhan dan baik hati sang dosen untuk 2 mata kuliah kontrol ini. Lolos, kemungkinan dengan limit mendekati tidak. Entah, tidak pernah membaca buku, tidur dikelas, dan motivasi yang saat itu rendah, di samping ketidakpahaman saya saat dikelas, saya duga sebagai penyebab utama kelolosan ini, tapi semua wajib disyukuri dan pasti ada hikmahnya. Sayapun, berdasarkan mata kuliah lolos tersebut mulai menjalani KP di bidang motor kontrol.

beberapa hal yang mengejutkan saya terjadi kemudian..

hal pertama adalah bidang yang saya ambil…
saat pertama masuk, saya langsung sadar.. bahwa kuliah itu penting.. dan ngoprek juga sangat penting..
berbahagialah temen-temen yang udah punya kebiasaan ngoprek, sedangkan saya harus berbahagia untuk menjadi motivasi dalam mulai belajar ngoprek. materi kuliah yang terasa seperti kelebatan-kelebatan ingatan itu muncul dalam wujud yang tak jelas. mungkin ini efek kuliah untuk memenuhi kewajiban, bukan hasrat. istilah-istilah yang digunakan, meski familiar, membuat saya mesti banyak lagi membuka buku, ngga sekedar lolos harusnya. kebetulan sekali soalnya, materi yang diajarkan pas dengan bidang yang sedang ditangani oleh pembimbing. saya hanya bisa tersenyum sipu saat pembimbing berbicara beberapa istilah dan menanyakan beberapa pertanyaan.
“Sering ngoprek kan?”
“Bisa software dan programming kan?”
Mungkin saat itu sang pembimbing bingung kenapa saya malah senyam-senyum ngga jelas waktu ditanya.

hal kedua adalah pembimbing
ternyata pak pembimbing saya di LEN adalah orang yang tidak asing dimata saya, dan mata teman-teman angkatan. berwajah tegas dan pernah menjadi kordas praktikum RE, mas Lutfi yang juga asisten Bu Ami ini, membuat saya semakin sungkan. sayapun dan ilmi, juga maful sempat tertawa renyah, menyadari bahwa dunia itu sempit. semoga saja pak Lutfi ini bisa tahan dengan ulah saya, yang sering senyam-senyum ngga jelas. hhe

Dua hal tersebut adalah hal yang paling mengejutkan diawal masuk KP. Saat ini, tugas buat saya mungkin adalah mempelajari kembali materi kuliah dan beberapa slide/buku dari sistem yang sedang dikerjakan oleh pembimbing. ilmi dan maful juga sudah memiliki tugas masing-masing. Tentu akan ada pelajaran-pelajaran lain mengenai dunia kerja seiring dengan berjalannya KP ini. Beberapa hal menganai LEN dan suasana kerja di sana akan saya ceritakan pada lain kesempatan. selamat ber KP ria teman-teman

Advertisements

4 thoughts on “Kerja Praktek – Minggu 1 Day 3 – LEN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s