bersyukur

dalam postingan sebuah blog mengenai bersyukur:
“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memberikan pernyataan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Ku-tambah nikmat-Ku kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7).

konsep bersyukur merupakan konsep yang mudah dimengerti, tapi sangat tidak mudah diterapkan. saya sudah berumur 20 tahun lebih masih saja belum bisa menerapkan yang namanya bersyukur di tiap keseharian saya. padahal berulang kali, dari sd, smp, dan smp, pendidikan formal dan materi mengenai bersyukur senantiasa di berikan oleh bapak dan ibu guru, dirumah apalagi. bapak ibu yang senantiasa berjuang dan legowo adalah contoh nyata bagaimana sikap senantiasa bersyukur itu diterapkan, tapi aku?

bersyukur.. bagi saya merupakan bentuk/wujud menerima segala apa yang ada sekarang, apa yang sudah kita dapatkan sampai saat ini dan keadaan saat ini, dengan senang hati karena semua itu adalah berkah dari yang di atas. sikap bersyukur bagi saya seharusnya membawa beberapa hal bagi saya

hal yang pertama adalah motivasi dan sikap sabar. dengan bersyukur dan percaya bahwa akan ada rezeki bagi kita. kita memiliki cara pandang positif mengenai apa yang sudah kita dapatkan, akan ada semangat lebih setiap kali sedang terjatuh, atau berada pada masa-masa sulit. sehingga orang yang senantiasa bersyukur adalah orang yang sabar dan kuat dalam menghadapi segala macam cobaan hidup

hal yang kedua merupakan hal yang lebih penting dan jelas.dengan bersyukur maka kita percaya kepada takdir, percaya bahwa Dia akan memberikan yang terbaik bagi kita, percaya bahwa Allah ada dan berkuasa atas segala sesuatu yang ada dalam hidup. Segalanya dapat terjadi atas kehendak-Nya, maka ketika kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan terjadi sesuatu hal, baik yang kita inginkan ataupun tidak, kita harus menerimanya. dan mulai berusaha lagi dengan lebih baik.

membaca kembali ayat di-atas membuat saya gembira, namun sekaligus bergidik. gembira karena memiliki harapan dan membaca janji yang ada pada Al Quran bahwa kalau kita bersyukur maka nikmat kita akan ditambah dan bergidik, karena saya tidak cukup yakin akan sikap syukur saya, saya takut saya belum bisa, saya takut saya tidak cukup bersyukur.

salah satu bentuk rasa syukur adalah memanfaatkan karunia Allah dengan sebaik-baiknya. karunia berupa hidup, waktu, keluarga, kesehatan, teman, suasana belajar yang baik. wah.. ketika saya mencoba menghitung.. ternyata terlalu banyak hal-hal luar biasa yang selama ini kita dapatkan dan mungkin tidak dirasakan oleh sebagian orang lain.. maka sudah sangat patut bagi kita untuk mensyukuri semua nikmat ini. “memanfaatkan segala karunia Allah dengan sebaik-baiknya”..

sekarang saat menulis blog ini, saya bersyukur, karena masih diberi kesempatan untuk belajar bersyukur ^^.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s