Mencoba Blogspot/Blogger

WordPress dan Blogspot merupakan layanan blog gratis yang sedang berkembang dan bersaing. keduanya saat ini menawarkan kemudahan yang berbeda dalam penggunaan maupun layanan yang diberikan. beberapa komparasi telah ditulis oleh orang orang seperti pada halaman dibawah ini

http://pulsed.blogspot.com/2007/07/blogger-wordpress-chart.html
dan
http://www.searchforblogging.com/wordpress/blogging-wars-wordpress-vs-blogger.htm

saya sendiri telah menggunakan wordpress mulai pertengahan 2010 dan menulis setidaknya 3 kali tiap bulan. ketika membaca artikel perbandingan mengenai kedua penyedia layanan blogging tersebut, sayapun melakukan ujicoba hhe, mencoba membuat sebuah blog di blogger. satu hal yang menarik sekarang adalah bahwa blogger/blogspot ini telah berada dibawah authorisasi Google, peluncuran video promo mengenai vitur-vitur teknologi google baru yang akan diterapkan menjadi salah saru alasan kenapa kita patut melihat-lihat ataupun mencicipi citarasa blogspot.

dari niat melihat-lihat tersebut, inilah blogspot bikinan saya yang baru berisi beberapa artikel, silahkan kalau mau di cek http://miminwannabe.blogspot.com. dari pengalaman membuat blogspot, sebagai user biasa saya memiliki kesimpulan sbb.

wordpress.com saat ini memiliki kemudahan penggunaan yang lebih baik, menu-menu yang lengkap, tampilan dashboard yang menarik, themes yang bagus, dan fasilitas posting dan publikasi atrikel yang lebih baik. untuk posting melalui wordpress kita dapat menggunakan quick post pada dashboard saat kita login dan menggunakan fasilitas menu My Blogs yang ada disebelah atas layar browsing kita. posting dan edit post dapat dilakukan dengan cepat dan nyaman.

blogspot.com saat ini memiliki keleluasaan dalam mengatur template, template pada blogspot editable. kita dapat mengedit secara leluasa templete tersebut. di dalam blogspot juga dikenal gadget-gadget. bagian-bagian yang telah disediakan oleh blogspot sebagai sarana berkrasi. gadget-gadget ini dapat kita pilih isinya, dapat berupa halaman html/javascript, ataupun menu-menu khusus yang telah disediakan, seperi koneksi dengan twitter, layanan SEO, traffic pengunjung yang ditampilkan, dan masih banyak yang lain.

secara penggunaan umum, (terlepas dari traffic management dan SEO yang saya tidak ketahui) wordpress menawarkan kemudahan dalam hal post tulisan, edit tulisan dan menu dashboard yang lengkap. Semua fasilitas ini sangat membantu pengguna, sedangkan blogspot menawarkan keleluasaan dalam mengedit tampilan blog. keleluasan dalam mengedit dan menambahkan kode html/javasricpt ini membantu menyesuaikan blog sesuai dengan keinginan kita. blogspot jga menawarkan keleluasaan memasukan third party dalam blog kita, layanan seperti Google Adsense misalnya, tentu saja sangat di support di blogspot.com, tidak seperti kebijakan wordpress.com. well, baik worpress maupun blogspot memiliki sesuatu yang berbeda untuk ditawarkan, mari lihat bagaimana persaingan kedua layanan blogging terbesar ini membuat masing-masing terus berinovasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s