Internet Proxy, Squid??

squid

pernah dengar yang namanya proxy? bagi temen-temen yang kuliah diperguruan tinggi yang ada internetnya, pastinja cukup familiar dengan istilah proxy. ini adalah semacam alamat berupa ip address atau url yang harus kita setting atau ketikkan pada web browser kita agar kita bisa terkoneksi ke internet. biasanya sih klo pake firefox ada di tools-optiots-advance-network setting atau klo indonesianya di pengaturan-canggih-jaringan-pengaturan sedangkan pada bwoser lain mirip, chroom contohnya ada icon gambar kunci inggris, options lalu change proxy setting. sebagaimana pada institusi-institusi lain, ITB juga mengharuskan mahasiswanya untuk melakukan setting proxy agar mendapat layanan internet terutama layanan http/web. nah proxy inilah yang pada awal kali saya masuk membuat ruang gerak berinternet dikampus serasa terbatas. proxy ini memunculkan notifikasi beserta gambar cumi-cumi gede kita membuka situs-situs tertentu, seperti situs-situs berkonten dewasa, dan situs-situs filesharing.  pada tahun 2008 situs jejaring sosial semacam friendster juga muncul cuminya. nah ngga bisa deh macem-macem dikampus.

nah demikianlah, proxy atau cumi ini dibuat untuk membatasi konten-konten yang dapat kita akses. sehingga yang kita lakukan sesuai pada tempatnya, misalnya pada kantor-kantor, untuk meningkatkan kerja, ada proxy yang melarang penggunanya mengakses facebook, sedangkan di kampus-kampus, untuk meningkatkan atmosfer akademik yang kondusif, ada proxy yang melarang mahasiswa untuk mengakses situs situs berkonten ngga layak.

selama ini kita hanya bisa terdiam dan bersahabat dengan si cumi, tapi kita belum cukup mengenalnya. sayapun mengalami hal yang sama, sampai suatu saat disore yang tenang di sudut tengah kampus saya berkesempatan berkenalan secara langsung dan singkat dengan si cumi. usul-punya-usul, setelah berkenalan sedikit saya mengetahui bahwa ternyata si cumi itu muncul dari sebuah aplikasi berjudul squid.. yang diinstall dalam sebuah operating sistem. mirip klo kita nginstall aplikasi tertentu di laptop kita..

jadi sekarang mari kita memperjelas apa yang sedang kita bicarakan ini. oke pertama adalah pembahasan mengenai proxy dan sedikit mengenai squid.

dalam dunia internet menurut salah satu situs yang keluar di google pada list pertama saat mengetikkan kata proxy. “A proxy acts as an intermediary, routing communications between your computer and the Internet. A proxy specializing in anonymous surfing, however, uses its own IP address in place of yours in every outgoing request”. Nah secara umum demikian, jadi proxy adalah perantara proses request yang ada antar komputer, atau antara komputer dengan internet. secara sederhana perantara ini dapat melakukan pengaturan-pengaturan terhadap layanan tertentu dalam komunikasi tersebut. ternyata proxy ini di wikipedia, dengan kata kunci proxy server muncul penjelasan berikut:

proxy server is a server (a computer system or an application program) that acts as an intermediary for requests from clients seeking resources from other servers. A client connects to the proxy server, requesting some service, such as a file, connection, web page, or other resource, available from a different server. The proxy server evaluates the request according to its filtering rules. For example, it may filter traffic by IP address or protocol. If the request is validated by the filter, the proxy provides the resource by connecting to the relevant server and requesting the service on behalf of the client. A proxy server may optionally alter the client’s request or the server’s response, and sometimes it may serve the request without contacting the specified server. In this case, it ‘caches’ responses from the remote server, and returns subsequent requests for the same content directly.

nah kelihatan juga kan disini bahwa proxy/proxy server secara umum diartikan sebagai perantara komunikasi menawarkan anonymousity, filtering, security, dan cacthing. pada beberapa perguruan tinggi sendiri proxy ini harus digunakan agar mahasiswa dapat terkoneksi internet. dengan demikian mahasiswa, setiap kali melakukan koneksi internet harus mematuhi atau terkena aturan yang ada pada proxy yang digunakan.

inilah sesungguhnya yang ada dibalik gambar cumi yang selama ini muncul di page teman-teman ketika ingin berselancar ria di dunia internet, Filtering! dan beberapa pengaturan lain yang mungkin belum teman-teman pahami. seperti caching dan pengaturan quota akses.

oh iya nih, menurut beberapa pendekatan ada beberapa macam/jenis proxy server:
yaitu

Anonymizing proxy servers

biasa juga disebut web proxy, server ini menyediakan halaman web yang dapat digunakan untuk memasukkan alamat url yang biasanya di-ban ketika temen-temen ngakses dengan menggunakan proxy kampus temen-temen. nah kerennya, biasanya proxy server telah dilengkapi dengan list daftar web proxy ini, jadi sama saja web proxy ini ngga bisa terbuka juga. :D. lebih jauh web proxy ini, selain menawarkan layanan ini juga menimbulkan pertanyaan, karena komunikasi yang dilakukan oleh user dilewatkan oleh perantara ini, berarti si perantara mengetahui apa yang direquest dan isi dalam komunikasi user. wah bener2 aman ngga ya aksesnya?

Open Proxy

Open proxy merupakan proxy server yang bisa diakses siapapun. secara umum proxy server ini memungkinkan user dalam suatu grup network tertentu untuk store and forward layanan internet seperti DNS dan halaman web untuk mengurangi dan mengatur bandwidth yang digunakan grup tersebut. penggunaan open proxy yang bebas ini kebanyakan merugikan karena dapat menjadi sarana para cyber-crime untuk menyembunyikan diri..

sampai disini jenis-jenis proxy pada wikipedia masih ada beberapa dan dibahas banyak. karenanya banyak sehingga saya menyudahi membacanya dan menyimpulkan bahwa intinya proxy merupakan perantara akses port-port server lain yang memungkinkan pengaturan layanan tertentu. hehe 😀 asal menyimpulkan. nih penjelasan wikinya http://en.wikipedia.org/wiki/Proxy_server

nah salah satu sofware aplikasi untuk proxy ini adalah squid.. jadi squid merupakan salah satu software atau aplikasi proxy.. pada penjelasannya di http://www.squid-cache.org/ . squid merupakan caching proxy untuk Web yang mensupport layanan HTTP, HTTPS, FTP dan lain-lain. Squid dapat mengurangi bandwidth juga waktu respon saat mengakses web dengan mengcache dan menggunakan ulang web pages yang biasa dibuka. squid juga memiliki akses kontrol sehingga siapa-siapa yang berhak mengakses web atau layanan-layanan tadi dapat diatur. nah pada squid ini kita dapat melakukan banyak sekali pengaturan web proxy. beberapa pengaturan yang essential antara lain pengaturan acl atau acces control list, http_allow, port, dan cache. acl akan mendefenisikan list dari orang-orang dengan alamat ip (biasanya identifikasinya menggunakan alamat ip), sehingga list dari alamat-alamat tersebut dikategorikan dalam kelompok tertentu untuk memudahkan pembatasan atau pengaturan akses melalui proxy server tersebut. http_allow:  modul ini mendefenisikan acl yang diijinkan untuk mengakses layanan http. pada pengaturan cache biasanya akan diatur besar cache atau ukuran halaman-halaman web yang akan disimpan, pengaturan cache juga dapat meliputi pengaturan berapa bagian dari web yang akan dicache. selain itu pengaturan bandwidth juga dapat dilakukan dengan squid ini. untuk yang pengin detail mengenai cache http://en.wikipedia.org/wiki/Cache

Pada aplikasinya squid ini dapat diinstal dibarengi instalasi squidguard, squidguard ini yang akan mengatasi list-list ip address atau domain yang memiliki konten-konten yang kurang bermanfaat.

nah, klo ngga salah squid dan squidguard inilah yang diimplementasikan beberapa network di ITB 😀

demikian dulu sedikit penjelasan mengenai squid dan squidguard.

next>> installasi squid dan squidgurd pada freebsd

Advertisements

2 thoughts on “Internet Proxy, Squid??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s