BackTrack Installation

Iseng-iseng setelah seminar secure and healthy internet kemarin, jadi kenal yang namanya Backtrack. Software OS yang dimonstrasikan Pak Onno W. Purbo ini merupakan software berbasis ubuntu yang khusus digunakan untuk penetrasi jaringan, atau istilah kerennya untuk main-main hacking. Software ini dapat didapatkan dengan mudah pada http://www.backtrack-linux.org/ sebuah situs homepage backtrack. akhirnya setelah berhasil mendownload file sebesar 2 giga :D. proses instalasi dimulai. Seperti biasa untuk memudahkan penggunaan harddisk, dan uji coba, saya menginstallnya menggunakan Vmware workstation. katanya sih software untuk deploy berbagai macam operating system, dibuat virtualnya gitu deh, sehingga dapat dijalankan di windows. spek yang dipakai untuk vmwarenya :

memory 512, hardisk 40 Gb, koneksi NAT
setelah new virtual machine dibuat maka proses installasinya secara umum adalah sebagai berikut.

1. proccess booting cd backtrack,
2. setelah proses selesai ketikkan startx (ini akan memulai kde)
2. proses yang kemudian akan terjadi adalah loading desktop, apabila sudah, double click pada install.sh yang terdapat pada desktop
3. lakukan pengesetan waktu dan keyboard
4. lakukan opsi partisi, saya pakenya yang recomended
5. lakukan konfigurasi boot loader, saya next2 saja, haha
6. tunggu proses instalasi

setelah proses instalasi selesai, kita akan diminta untuk mengeluarkan cd dan OS akan reboot untuk menyelesaikan proses instalasi.
sekarang kita telah memiliki OS backtrack yang terinstall dalam komputer kita dengan user : root dan passwordnya root juga. masukkan data tersebut lalu ketikkan startx lagi untuk memulai kde (atau gui-nya ubuntu). pada vmware workstation yang saya pakai, 6.XX screen resolutionnya hanya bisa menampilkan resolusi 600×800 yang terlihat sangat sempit dan kecil. untuk mengatasinya kita bisa mengetikkan fix-vesa pada terminal dan enter. ini akan membuat layar kita memiliki resolusi max 1024×768. lumayan untuk nonton film. haha. setelah itu kita harus merestart kdenya dengan menekan tombol ctrl, alt, dan backspace secara bersamaan.

sudah masuk dekstop dengan resolusi yang lumayan saatnya mencoba koneksi internet.
secara default backtrak disetting untuk tidak menghidupkan koneksi jaringan sehingga kita harus mengeset sendiri perintah untuk menghidupkan jaringan.

1. open terminal
2. ketikkan ifconfig eth0 up
ini akan menghidupkan jaringan
3. lihat jenis koneksi yang kita punya, kalau kita punya ip statik maka ketik ifconfig ip.statik.kita. cth
ifconfig xxx.xxx.xxx.xxx
atau kalau kita pakenya dhcp ya.
dhclient eth0
3. sudah deh, sekarang coba koneksi, masuk ke browser dan setting proxy 😀

well, selamat mencoba.

Logo backtrack

wallpaper backtrack

dulu pas sma saya pernah menggunakan logo ini untuk akun friendster saya. saya kira ini logo dari film, anime, atau game tertentu.. eh pas kuliah baru ngeh.. ini backtrack.. kereeeeen. hahaha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s