HTML5 Lompatan Dunia Web

HTML5 Lompatan Dunia Web PDF Print E-mail
Written by Administrator
Thursday, 17 June 2010 02:57
Mengenal dunia maya, tentu saja kita tidak asing dengan HTML atau Hypertext Markup Language. HTML merupakan bahasa markup yang secara umum digunakan dalam pembuatan halaman web. Bahasa markup merupakan sebuah sistem modern yang digunakan untuk memberikan anotasi (catatan, penandaan, atau keterangan) pada sebuah teks sehingga dalam teks dapat dibedakan antara teks secara umum dengan informasi tambahan, catatan tertentu, atau keterangan penting. Contoh penggunaan markup pada jaman dulu adalah untuk kepentingan penerbitan buku, markup akan digunakan editor untuk memberitahu bagian-bagian yang harus direvisi kepada penulis, biasanya berupa keterangan tambahan, coretan teks yang tidak perlu, saran, dll yang ditulis dengan pensil pada teks di buku tersebut. Sedangkan contoh penggunaan markup pada jaman sekarang adalah dalam halaman web, markup akan membedakan antara informasi ekstra dalam teks tersebut (representasi teks, bentuk paragraf, dll) dengan teks utama.

HTML5 merupakan pengembangan lebih lanjut dari HTML 4.01, XHTML 1.0 dan DOM level 2 HTML, bahasa yang selama digunakan dalam pembuatan halaman web yang kita lihat.  HTML5 akan menjadi standar baru bagi bahasa markup awal tersebut, dengan menawarkan kemampuan yang selama ini disajikan oleh plug-in based rich internet aplication (yang tidak dapat difasilitasi oleh HTLM versi sebelumnya). rich internet aplication (RIA) adalah aplikasi internet yang mirip dengan aplikasi dengan desktop, contohnya adalah pemutar lagu dan video pada halaman web. Plug-in based sendiri berarti aplikasi tersebut dapat dinikmati dengan melengkapi browser dengan plug-in aplikasi yang bersangkutan. Membutuhkan proses intergrasi plug-in kedalam browser, intergrasi ini umumnya dilakukan dengan proses download dan install plug-in (ada beberapa browser yang tidak bisa melakukan fungsi ini). Beberapa pengembang RIA antara lain Adobe Flash dan Microsoft Silverlight.

HTML5 merupakan lompatan dunia website karena HMTL5 memiliki perubahan pada orientasi berbasis dokumen menjadi orientasi berbasis aplikasi. Pada HTML5 ini integrasi konten aplikasi dan multimedia pada web akan dilakukan dengan lebih baik. Kita tidak memerlukan plug-in aplikasi karena pembangunan proses integrasi dapat dilakukan secara langsung dengan tag-tag baru pada yang ada pada HTML5. Contohnya tag “” dan <“video”> yang memungkinkan kita secara langsung menampilkan konten audio dan video dalam website kita, tanpa plug-in. Perubahan-perubahan lain juga dapat ditemukan pada ranah elemen markup dan scritp API.

Untuk mencoba HTML5 ini diperlukan browser yang telah memadai dan sesuai. Contoh Browser-browser yang dapat telah memadai untuk HTML5 adalah GoogleChrome, Safari, dan Opera. Menurut salah satu majalah IT Google Chrome merupakan browser yang saat ini mendukung secara lengkap fitur HTML5. Dibawah ini adalah contoh saat saya mencoba pemutar video dengan HTML5 pada youtube.

1.Buka Youtube dengan Browser yang sesuai (contoh google chrome)

2. Ketik HTML5 pada search box

3. Pilih join HTMl5 pada bagian bawah

4. Sekarang situs youtube akan menggunakan HTML5 sebagai pemutar video HD yang ada (muncul logo HTML5 pada pemutar video)

5. Coba cari video untuk diputar (disini saya mencoba mengetikkan kembali HTML5 pada search tab) dan menemukan video testnya.

6. Mencoba ganti resolusi untuk video HD dilakukan dengan mengarahkan mouse ke sisi kiri bawah player (di sini yang keluar angka 360 dan 720 HD)

Demikian penjelasan singkat mengenai HTML5 dan contoh pengetesan sederhananya pada Google Chrome. Dalam beberapa bulan kedepan diperkirakan perkembangan HTML5 sebagai standar pembuatan website akan semakin cepat. So, buat temen-temen yang seneng web, Be Ready 4 HTML5 Guys 🙂

Last Updated on Thursday, 17 June 2010 06:06
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s