karena hidup adalah pilihan

karena hidup adalah pilihan, kata-kata tersebut merupakan kata-kata yang melekat di pikiranku, setidaknya untuk akhir-akhir ini. kata-kata yang sering diucapkan ibu. bahwa hidup penuh dengan pilihan, dan apa yang seharusnya kita lakukan adalah membuat pilihan terbaik.

pagi ini mungkin merupakan salah satu moment yang bakal menetukan hidup saya kedepan. dihadapkan pada pilihan-pilihan yang bagi saya bisa dibilang pilihan yang besar. karena dengan memilih pilihan tersebut maka sama artinya dengan memilih seperti apa masa depan saya. pilihan tersebut merupakan pilihan sub jurusan. bagi sebagian orang yang memiliki kemampuan yang hebat dan passion yang nomer satu terhadap masa depannya seperti apa, pilihan subjurusan bukanlah pilihan yang berat, karena bagi mereka hal tersebut sudah bukan pilihan. berbeda halnya dengan saya yang sedang berjuang ini. segala konsekuensi harus saya pikirkan dengan masak. disana ada tanggung jawab kepada diri sendiri, orang tua, dan keluarga. ada sebentuk gengsi kecil yang muncul, ada tantangan yang ingin saya lampaui, ada batasan yang ingin saya lewati, ada sebuah mimpi kecil kebanggaan diri saya. saya ingin benar-benar bisa mendefinisikan diri saya sendiri, dengan cara saya sendiri, dan dengan ini saya ingin membentuk sikap bertanggungjawab pada kehidupan saya pribadi. saya sangat berharap dengan pilihan ini saya dapat menjangkau dunia yang jauh lebih luas dari dunia sekarang. saya ingin menjadi orang yang keberadaannya diperhitungkan, dengan kemampuan saya :D. saya ingin bisa menjadi teladan yang pantas bagi adik-adik saya.

sejenak kepala saya membayangkan bakal seperti apa konsekuensi dari pilihan tiap mata kuliah yang bakal saya ambil.. rekaman kejadian-kejadian semester kemarinpun muncul dan memberi banyak masukan.. bagaimana seharusnya tetap semangat belajar, bagaimana menentukan prioritas, rupanya masih menjadi masalah besar dalam tahun-tahun terakhir saya. dan saya ingin memperbaiki itu. di sini ingin juga rasanya saya minta maaf untuk waktu saya yang terbuang dalam begitu banyak tidur, serta janji-janji yang belum dapat saya tepati, beberapa orang juga telah saya kecewakan dengan pilihan-pilihan yang saya buat tahun-tahun kemarin. saya ingin membuat pilihan yang bisa saya pertanggungjawabkan. pilihan-pilihan yang bisa membuat saya membantu orang lain dan membuat mereka senang. beberapa masukan selain dari diri saya sendiri juga telah dipertimbangkan, beberapa orang memberikan referensi dan gambaran-gambaran untuk saya pilih, dan saya akan sangat berterimakasih pada orang-orang tersebut ketika saya berhasil kelak.

pilihanpun saya buat dan dengan bismillah pilihan saya submit, diringi dengan persetujuan dosen wali dan tanda tangan pada kertas putih rencana studi itu, berarti lengkap sudah ijab-kabul bagian masa depanku. dengan ini perjuangan hidup kembali dimulai. 🙂 bismillah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s