Internet BOT

Saat menggunakan plug-in pada website joomla coba2, saya heran saat ada tulisan “23 bots online” pada plug-in tersebut. karena belum mengerti mengenai apa itu bot, saya mencari istilah tersebut dan mendapat penjelasan dari wikipedia. Dengan  kata kunci Internet bot, demikian penjelasan mengenai bot.

Internet bots. dikenal juga sebagai web robots, WWW robots, atau bots merupakan aplikasi perangkat lunak yang menjalankan tugas-tugas atau pekerjaan otomatis dalam atau melalui internet. bots secara khas melakukan tugas yang sederhana dan secara struktural merupakan pekerjaan berulang pada rate yang jauh lebih tinggi dari yang bisa dilakukan manusia sendiri. penggunaan terbesar dari bot ada pada web spidering, dimana script otomatis mengambil, memeriksa, dan menganalisa file-file informasi pada webs server dengan kecepatan yang melebihi kecepatan manusia. Setiap server bisa mempunyai file yang disebut robots.txt, file ini mengandung peraturan untuk spidering yang seharusnya dipatuhi oleh server dan bots.

web spidering merupakan proses spidering atau crawling. yaitu proses browsing yang dilakukan program komputer dengan metode tertentu. biasanya digunakan pada search engine untuk menyediakan data yang up-to-date mengenai daftar halaman web yang dikunjungi kemudian dibuat indexnya, untuk menyediakan fungsi pencarian secara cepat. selain itu crawlers dapat juga digunakan untuk secara otomatis melakukan maintenance pada Website, seperti melakukan pengecekan links dan memvalidasi kode HTML, juga bisa digunakan untuk mencari informasi dengan type-type tertentu dari halaman web. Web Crawler merupakan salah satu jenis bot yang secara umum memiliki daftar URL untuk dikunjungi, saat crawler mengunjungi URL tersebut, crawler akan mengidentifikasi semua hyperlink dalam situs dan menambahkannya sebagai daftar yang akan dikunjungi. Dalam melakukan proses ini crawler memiliki policy tertentu yang tidak akan dijelaskan disini.

Kembali kepada bot, penggunaan bot dengan tujuan yang lainnya dapat untuk tujuan komersial, donasi, dan malicious (buruk/jahat). beberapa malicious tersebut antara lain:

1. Spambots, bot yang memanen alamat email dari forum internet, contact forms, maupun halaman guest book .

2. program downloader yang menyedot bandwidth dengan mendownload seluruh situs.

3. Web site scrapers yang mengambil isi dari website dan menggunakannya kembali tanpa izin,

4. virus dan worm

5. DDoS (Distributed Denial of Service Attack), terjadi saat banyak sistem memenuhi bandwidth dari sistem yang menjadi target, biasanya satu atau lebih web server.

6. Botnet

7. File name modifiers pada peer-to-peer file-sharing network

8. Entry otomatis yang menginstall game dan fungsi otomatis pada website advertising.

Masih banyak penggunaan bot yang lain yang belum disampaikan di sini. Jika tertarik mengetahui bot lebih lanjut silahkan buka Browser anda, dan lakukan pencarian mengenai bot. Anda akan menemukan bahwa mengenal bot dapat membuat website anda lebih aman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s